Senin, 24 Januari 2011

spekulasi

pernah nggak sih kita secara sadar atau nggak sadar, menghubung-hubungkan suatu peristiwa atau fenomena dengan hal-hal yg lain,  spt menghubungkannya dgn mitos misalnya? berspekulasi ini itu, mikirin kemungkinan ini itu, sampe kamu pusing sendiri? bahasa kerennya adalah : "memikirkan/menilai/menanggapi sesuatu terlalu berlebihan" alias lebay. :D


misalkan begini ada cicak buang kotoran. terus jatuh pas dikepalamu. 
konon katanya kl ada cicak sampe e'ek terus e'eknya jatoh dikepalamu, kamu bakal ketiban sial.
kemudian kamu memikirkan kemungkinan "kesialan" apa yg akan terjadi.
1. kepleset di kamar mandi. langsung mikir, "eh jangan-jangan gara2 si cicak boker'in gue semalem yak".


2. kecopetan. "ih dasar cicak sialan. gara2 tai elo gw jadi ketiban siyal."


3. atau pas di kantor tiba-tiba si bos marahin kamu, lantas kamu menghubungkannya dgn peristiwa "pembokeran" si cicak itu. :D


konyol ya :D




gue punya pengalaman pribadi.
dulu, setiap gue pulang kampung. selalu ada sodara deket gue yg meninggal dunia. ya kadang ngepasin pas meninggalnya, atau baru meninggal setelah gue dateng menjenguk atau tungguin. kemudian orang-orang yang ada di sekeliling gue, terutama keluarga, mikirnya begini:
- heran ya..kenapa ya pas adek pulang itu sodara kita pasti ada yang meninggal?
- kayaknya meninggalnya nungguin kamu dulu deh...
- atau, lebih menyakitkan lagi" mendingan kl ada sodara yg lagi sakit kamu g usah pulang dulu deh dek..."


lalu muncul spekulasi :
1. gue dianggep orang yg abnormal tau kan maksudnya? :D dipikir gue ini pulang karena tau ada sodara gue yg mau meninggal :D
2. gue dianggap sbg "penyembuh". sodara gue dianggep sembuh dari sakitnya (maksudnya meninggal" karena gue dateng dan ngelus2 tangannya.
2. gue si pembawa sial. maksudnya adalah "gara2 gue sodara gue jadi meninggal.".


padahal gue ga ada sangkut pautnya sama sekali dengan semua peristiwa itu. hanya kebetulan saja. tidak lebih. dan itu semua jauh diluar kuasa gue. cuman Tuhan yang punya kuasa seperti itu. bukan gue, bukan manusia yg lainnya, bahkan bukan juga mahluk lainnya.


nah, ada yg lebih konyol lagi. 
gue punya temen yg kebetulan istrinya lagi hamil. karena semasa kehamilan istrinya itu banyak kejadian yang "luar biasa", kebetulan pas banyak bencana dimana-mana..lalu hal spt itu dianggap terlalu serius.


"waktu istriku mulai hamil, ada puting beliung, usia kehamilan 3-4 bulan, merapi meletus, usia 6-7 bulan, ada ufo dn banjir lahar.....petanda apa ini Tuhan?".


kemudian itu dianggap sebagai sebuah petanda bahwa anaknya nanti bakal menjadi sosok yang hebat krn semasa dia dlm kandungan banyak peristiwa-peristiwa yang luar biasa. (amin ya rabb...).


gue cm geli sendiri. kenapa kita mesti pusing2 mikirin hal-hal seperti itu? oke, gue tau, setiap orangtua pasti punya harapan besar bahwa kelak anaknya menjadi sosok yang pantas utk dibanggakan. namun apakah tidak terlalu berlebihan jika hal-hal seperti itu lantas dihubung-hubungkan dengan sesuatu pula. padahal yg hamil pada wkt itu ga cuman istrinya aja :D




kita ini cuman manusia biasa. tidak ada satu mahlukpun yang memiliki kuasa melebihi Kuasa Tuhan.


pointnya adalah.. jangan takabur...

7 komentar:

ESSIP mengatakan...

Yupz.. setuju jangan ampai deh mereka - reka sebuah kejadian dengan hal - hal yang berbau takhayul..

orange float mengatakan...

iya ya, jangan lebay dong...... :D

rime mengatakan...

ya, manusia memang suka menerka-nerka sesuatu yang ada di luar batas nalarnya.

padahal bisa saja itu hanya kebetulan.

tapi saya pernah juga loh seperti itu. setiap saya masuk ke suatu sekolah (SMP, SMA, sampe kuliah), pasti ada pergantian kepala sekolah atau rektor, dari yang baik ke yang killer atau menyebalkan.

kadang kepikiran, mungkin saya ini bawa sial, hehehe.. tapi langsung gugur, begitu sadar bahwa dalam satu angkatan itu ada 1000 orang lebih yang masuk ke sana selain saya :D

hahaha.. polos sekali ya.

RZ Hakim mengatakan...

Yang penting tidak takabbur. Kalo masalah tanda2, selama itu diluar tahayul, oke2 saja.

Three mengatakan...

aku juga pernah mba ketiban cicak, tapi ngga ada apa2 hiihii...,
zaman udah modern msh ada aja yah yg berspekulasi :D

kidunjingga mengatakan...

kalo ketiban upil yang punya blog siallll ga ya...???

Emy mengatakan...

dh lama gak ngerusuhin blog nya mbak rephi,,,,